Jual Mobil Mini Cooper Classic

Jual Mobil Mini Cooper Classic – JAKARTA – Mobil Mini Cooper atau Mini Morris karya Andre Taulany beredar luas di kalangan masyarakat Indonesia dalam beberapa pekan terakhir. Pasalnya, mobil tersebut dibeli Raffi Ahmad seharga Rp 700 juta. Bagi sebagian orang, harga ini mungkin tampak tidak masuk akal. Namun bagi pecinta mobil, harga tersebut patut diapresiasi mobil mungil ini.

Lantas kenapa mobil ini bisa dijual dengan harga setinggi itu? Yuk, simak alasan Mini Cooper lawas harganya mahal.

Jual Mobil Mini Cooper Classic

Jual Mobil Mini Cooper Classic

Kita akan membahas beberapa cerita dan sejarah Mini Cooper generasi pertama. Sebenarnya generasi pertama dari merek asal Inggris tersebut bernama Mini Mark 1 dan pertama kali hadir pada tahun 1959 hingga 2000. Namun generasi pertama baru diproduksi pada tahun 1959 hingga 1967. Generasi ini dinamakan Marko 1. Ini merupakan generasi pertama yang sedang dijual. Itu diproduksi oleh perusahaan bernama British Motor Corporation (BMC).

Bea Cukai Lelang Mini Cooper Jadul, Harga Mulai Rp 152 Juta

Mobil dua pintu ini dirancang oleh Sir Alec Issigonis dan diproduksi di pabrik Longbridge dan Cowley di Inggris. Dalam persiapannya, mobil tersebut dirancang melalui proyek bernama Austin Drawing Office 15 atau ADO15. Mini Mark 1 sendiri memiliki banyak nama. Dari Mini Mark 1, Austin 850, Morris 850, Austin Mini Se7en dan Morris Mini Kecil.

Jika Anda mengingat sejarah Volkswagen sebagai mobil kecil yang kompak dan terjangkau, maka Mini adalah jawabannya. BMC meluncurkan proyek untuk menjadikan Mini mobil yang interiornya lapang namun hemat bahan bakar. Mesin yang dipasang pada generasi pertama berkapasitas 848 cc.

Awalnya para desainer dan mekanik ingin mencoba memasang mesin 948 cc. Namun Leonard Lord yang saat itu menjadi ketua BMC merasa mesinnya dikatakan terlalu kencang. Oleh karena itu ia mengusulkan pengurangan kapasitas mesin menjadi 848 cc. Meski mesinnya kecil, namun mesin ini mampu mengakselerasi mobil hingga 116 km/jam. Luar biasa!

Setelah itu, Issigonis mencoba menggarap suspensi yang digunakan pada Mini. Ini menggunakan karet runcing yang dipasang pada implan. Suspensi ini memungkinkannya beradaptasi dengan beban pengemudi yang berbeda. Dengan menggunakan suspensi desain ini, jumlah penumpang dapat diatur dari 2 menjadi 4 orang. Desain unik ini dikembangkan dari seorang pembalap amatir sekaligus sahabat Alec Issigonis bernama Alex Moulton.

Melihat Morris Mini Mk1, Mobil Klasik Raffi Ahmad

Meski mobil ini berukuran tidak besar, namun ruang kabinnya bisa dikatakan luas. Rasanya mustahil mengisi mobil dengan empat orang dewasa. Padahal, mobil tersebut memiliki tempat untuk penumpang.

Salah satu rahasianya adalah posisi mesin yang digunakan Mini. Pada generasi pertama, BMC mendesain Mini dengan desain mesin melintang dan penggerak roda depan.

Hal ini pula yang menjadi alasan utama mengapa Mini memiliki kabin yang begitu lega. Mobil yang dipasang akan menggerakkan roda depan. Artinya oli mesin dan oli roda gigi bisa digunakan bersama. Selain itu, mobil juga tidak memiliki as roda sehingga lantainya bisa mulus sehingga membuat penumpang baris kedua bisa duduk dengan nyaman. Hal ini dilakukan karena khawatir akan potensi krisis minyak di masa depan. Desain Mini pun semakin minimalis karena tidak adanya as roda.

Jual Mobil Mini Cooper Classic

Pada saat itu, standardisasi belum menjadi perhatian utama produsen mobil. Lihat saja Mini Mark 1 ini, hanya memiliki kompartemen mesin di depan dan bagasi kecil di belakang. Sementara di bagian dalam, hanya terdapat ruang penyimpanan di bagian dashboard, berbentuk seperti tatakan gelas kecil yang membentang dari kiri ke kanan.

Mini Cooper Akan Rayakan 60 Tahun Berkiprah Di Dunia Otomotif

Mesin yang lebih kecil yang dipasang pada bodi yang lebih kecil menawarkan beragam pilihan transmisi. Mulai dari girboks manual 4 percepatan dengan sinkronisasi 3 percepatan, girboks otomatis 4 percepatan, dan manual 5 percepatan hanya tersedia pada beberapa model. Pengiriman otomatis? Ya, mobil mungil ini sudah dibekali transmisi otomatis sejak awal kemunculannya. Keren bukan?

John Cooper, teman Alec Issigonis, juga dari Cooper Motors, melihat mobil kecil itu berlomba menjadi Pemilik dan Juara Konstruktor Formula 1. Pada tahun 1959 dan 1960, Mini menjadi kelinci percobaan. Pasangan ini mencoba ide gila mereka dan mengubah Mini menjadi mobil yang tidak merepotkan, irit, dan murah. Austin Mini Cooper dan Morris Mini Cooper juga keluar pada bulan September 1961 sebagai generasi berikutnya dari Mini Mark 1.

Setelah menjuarai Reli Monte Carlo, nama Mini menjadi lebih populer. Tanpa ragu, Mini menempati posisi pertama pada tahun 1964, 1965, dan 1967. Salah satu rahasia kesuksesan Mini adalah penggunaan mesin variabel dan penggerak roda depan, yang pada saat itu dianggap asing karena belum pernah ada. teknologi. Digunakan oleh produsen mana pun.

Kisah sukses Mini lainnya adalah penggunaan sistem mesin pada mobil balap Formula Satu (F1). John Cooper adalah dalang di balik praktik mobil F1 yang menempatkan mesinnya di belakang pit. Hingga saat ini, konfigurasi mesin belakang masih digunakan pada mobil balap F1. Konsep ini banyak digunakan pada mobil sport dan supercar yang ada saat ini juga.

Ada Mini Cooper Klasik Tiruan Dari Cina, Pakai Tenaga Listrik

Mini atau Morris pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1965. PT Java Motors menjadi dealer resmi yang memboyong Morris ini ke Indonesia. Saat itu, mobil tersebut terdaftar sebagai Completely Knock Down (CKD). Java Motors bermitra dengan PT National Assemblers untuk merakit mobil di Medan pada tahun 1970an dan 1980an.

Selain perusahaan tersebut, beberapa importir juga mendaftarkan mobil dalam kondisi CBU (Completely Built). Setelah mengikuti balapan di Sirkuit Encore (sirkuit utama Jakarta saat itu), nama Mini semakin populer. Hengki Irawan membalap Mini pada tahun 1967, sedangkan Karsono melakukan hal yang sama pada tahun berikutnya pada tahun 1968.

Banyak orang saat itu yang terkesan dengan teknologi mobil kecil ini yang sangat sederhana dan terlihat gila di lintasan. Tak heran jika Mini menjadi mobil idaman sebagian orang sejak saat itu. Di Indonesia, harga Mini juga mengalami kenaikan. Faktanya, harga saat ini bisa disebut gelap, artinya harga tersebut tidak mungkin. Apalagi generasi pertama dan kedua menjadi incaran pembeli mobil.

Jual Mobil Mini Cooper Classic

Misalnya, Mini yang diproduksi pada tahun 1990an saat ini dijual dengan harga sekitar $300 juta. Sementara harga transmisi otomatis buatan tahun 1970-an bisa mencapai lebih dari 600 juta rupiah. Tak heran jika Mini Andre Taulany dijual Rp 700 jutaan.

Wow, Morris Mini Jadul Berjubah Taksi Harganya Hampir Setengah Miliar

Bagi sebagian orang, nilai sejarah ini dipandang sebagai alasan utama membeli Mini sebagai mobil hobi. Saya berharap tongkat estafet sejarah yang ditulis Mini dapat disimpan untuk generasi pemilik mobil selanjutnya. Jika Anda memiliki Classic Mini, sayang sekali jika ditinggalkan di rumah.

Lebih baik lagi jika ia masih merasakan aspal jalan pada tahun 2020, jika tidak maka sudah lebih dari 30 tahun ia dilahirkan. Selain itu, pada tahun 1999 Mini dinobatkan sebagai mobil terkuat kedua di abad ke-20, setelah Ford Model T. Merupakan suatu kehormatan besar untuk memiliki atau bahkan mengendarai Mini, bukan?

Tag: Austin Morris Mini 1959 Mini Andre Taurani Mini Cooper Rafi Ahmed Mini Mark 1 Mini Morris Mini Rafi Ahmed Sejarah Mini Sejarah Mini Cooper

Rizen Panji suka menggunakan minyak di akhir pekan. Tentu saja dia menyukai mobil tua, terutama yang dua pintu. Oh iya, dia juga suka melihat interior mobilnya bagus dan bersih lho! Mini merupakan salah satu mobil mewah yang memiliki penggemarnya di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Memiliki Mini Cooper menjadi dambaan sebagian pecinta mobil, termasuk Herman Yusuf.

Spesifikasi Mini Morris, Si Mungil Yang Ikonik Dan Klasik

Pada tahun 2012, salah satu rekan Hermann menjual Mini miliknya, sehingga memberinya kesempatan untuk memiliki mobil impiannya. Hermann membeli mobil seharga sekitar satu juta NOK.

Sayangnya, mobil Austin Mini tahun 1966 belum tersedia saat pertama kali dibeli. Herman harus mengemudikan mobil menuju truk. Sesampainya di rumahnya, Herman mulai berencana memperbaiki Mini miliknya.

Awalnya Herman sangat ingin menyelamatkan mesin mobilnya. Namun, baru-baru ini ia mengetahui bahwa mesin mobil 850cc tersebut kurang bertenaga dan tidak bisa dilengkapi pengatur suhu atau pendingin ruangan (AC). Mini lama sendiri tidak dilengkapi AC.

Jual Mobil Mini Cooper Classic

Setelah menggali berbagai informasi, Herman akhirnya memutuskan untuk membeli mesin besutan superfastmini.com. Superfastmini.com memproduksi Mini bermesin ulang menggunakan mesin dari pabrikan Jepang.

Morris Mini Klasik Dipotong Lagi Jadi Sangat Imut, Dan Dijual

Superfastmini.com berkantor pusat di Amerika Serikat. Oleh karena itu, pemilik Mini yang ingin mengganti mesin mobilnya dengan buatan superfastmini.com harus mengimpor langsung dari Amerika, seperti Herman.

Mesin produksi Superfastmini.com yang dibeli Herman ditenagai mesin Honda Jazz 1.500cc. Menurut Hermann, mesin produksi superfastmini.com dilengkapi dengan sistem. Oleh karena itu, pelanggan hanya perlu memasang mesin di ruang mesin.

Pergantian mesin tidak perlu mengubah bentuk bodi, kata Herman. Jadi gaya Mini aslinya bisa dipertahankan.

“Jadi tinggal plug and play. Mesin Jazznya dipasang di papan buatan Amerika. Jadi kalau dikirim ke sini, kita tinggal pasang di bodinya saja,” kata Herman, seperti dilansir Kompas.com .beebrapa se. yang terakhir melaporkan. waktu.

Jual Best Seller

Herman mengatakan biaya pembelian mesin dan pengiriman ke Indonesia sekitar Rp 150 juta. Melalui penggunaan mesin tersebut, Hermans Mini kini dapat dilengkapi dengan AC. Kecuali tentunya memiliki mesin bertenaga layaknya mobil modern.

Menurut Herman, mesin pertama Mini sangat bertenaga. Namun, salah satu masalah paling umum pada mobil tua adalah masalah mesin. Herman yakin dengan penggantian mesin, permasalahan mesin bisa dihindari.

“Jadi serasa mobil biasa. Nggak ada masalah, nggak mogok, nggak panas. Bisa ke Bandung atau Benka kapan saja,”

Jual Mobil Mini Cooper Classic

Harga mini cooper classic, harga mini cooper classic bekas, jual mini cooper classic, mini cooper classic dijual, mini cooper classic, jual beli mobil mini cooper, jual mini cooper classic murah, jual mobil mini cooper, jual morris mini cooper classic, mobil mini cooper classic, harga mini cooper classic olx, mini cooper classic indonesia

Artikel Terkait

Leave a Comment